Rabu, 13 November 2013

9:05 AM -

Nikmatnya Sambal Terasi Anak Kost

Alhamdulillah kenyang, nikmatnya habis makan masakan sendiri, nasi tambah sambal terasi tambah jengkol beli dari pasar. Sudah lama tidak merasakan masakan se enak dan selezat ini, sampai nangis-nangis. Nangis karena kepedasan, karena kepanasan.
Makan tanpa sambal itu, seperti hidup tanpa istri, berlebihan, tapi bisa jadi. Tidak lengkap rasanya makan tanpa sambal yang nikmat. Hidup di kost membuat jenis makanan dan pola makan ku jadi tidak teratur. Setiap hari itu itu saja, tetapi semua itu harus tetap disyukuri karena masih banyak orang di luar sana yang kelaparan.
Nah, ini saya akan bagi bagi resep dari pengalaman masak masak di kost. Dan, ini dia nasi sambal khas rasa terasi. 
Peralatan yang dibutuhkan cukup simpel, pertama, magicjar (anak kost pasti punya), cobek, dan pengulekannya, kalau tidak ada cukup piring dan sendok saja bisa kok. Bahan bahannya yaitu cabai rawit (3 cukup), bawang putih 1 siung, bawang merah 1 siung, garam, penyedap rasa.
Pertama masak nasi dalam magicjar, ini bisa sesuai selera anda, mau gimana juga bisa, kemudian masak nasi tersebut. Kemudian rebus terasi, cabai dan bawang, masukkan dalam magicjar (pakai pengukus) dan biarkan sampai matang nasinya. Kalau sudah matang, angkat cabai, bawang dan terasi, masukkan kedalam cobek atau piringpun bisa (kalau ga ada cobek). Uleg sampai lembut dan ditambah garam dan penyedap rasa secukupnya. Nah jadi lah sambal terasi nikmat, murah dan mudah. Langsung saja sambal siap disantap dengan nasi hangat, pasti nikmat sampai nangis nangis (kepedasan bahagia). 
Itu sekedar sharing pengalaman saja, semoga bermanfaat.