Kamis, 15 April 2010

9:38 PM - 1 comment

Sterilisasi




Sterilisasi merupakan salah satu metode untuk mematikan mikroorganisme yang tidak diinginkan dalam suatu bahan atau produk. Sterilisasi pertama kali dikembangkan merupakan proses termal, seperti pada proses pengalengan. Kelemahan sterilisasi dengan proses termal adalah penggunaan suhu tinggi yang dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan dalam produk pangan, seperti kerusakan senyawa nutisi, pembentukan senyawa atau komponen yang bersifat toksik dan perubahan karakteristi produk. Perubahan karakteristik mempengaruhi daya terima  konsumen terhadap produk pangan. Oleh karena itu, untuk mengatasi kelemahan tersebut saat ini teknik-teknik sterilisasi non termal telah dikembangkan seperti pengawetan kejut listrik, osilasi medan magnet dan tekanan tinggi.
Proses termal yang digunakan dalam pengalengan merupakan metode untuk mengawetkan makanan, yaitu produk pangan dan kemasannya dinyatakan steril secara komersial. Keadaan steril tersebut tercapai dengan menggunakan panas atau menggunakan kombinasi dengan Ph, aktivitas air (aw) atau pengawetan kimiawi.
Sterilisasi komersial merupakan proses sterilisasi dengan tujuan membunuh mikroorganisme yang dapat tumbuh pada produk pangan pada kondisi suhu ruang. Kemasan ini biasanya dikategorikan sebagai produk kaleng walaupun kemasannya tidak terbatas kaleng saja melainkan dapat berupa kemasan lain seperti gelas jar.
Sterilisasi termal merupakan unit pengolahan yaitu produk pangan diberi perlakuan panas menggunakan suhu tinggi dan waktu tertentu untuk mendestruksi mikroba dan aktivitas enzim. Akibatnya, produk pangan hasil sterilisasi mempunyai waktu simpan yang lama lebih dari  6 bulan. Berhubung strerilisasi termal ditujukan untuk mendestruksi atau menginaktivasi mikroba pathogen dan pembusuk dalam produk pangan, maka karakteristik pertumbuhanmikroba harus dipahami terlebih dahulu. Factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba berperan terhadap pengendalian jumlah mikroba selama proses sterilisasi

1 komentar:

Posting Komentar

terimakasih