Kamis, 05 November 2015

12:16 AM - ,

Santri; Berproses Menjadi Santri

Santri, apakah itu? Kata yangtak asing bagi kita terutama bagi umat Islam, kalangan penuntut ilmu. Searching di google,berikut pengertiannya menurut wikipedia :
"Santri adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan Ilmu Agama Islam di suatu tempat yang dinamakan Pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai.Menurut bahasa, istilah santri berasal dari
bahasa Sanskertashastri yang memiliki akar kata yang sama dengan kata sastra yang berarti kitab suci,agama dan pengetahuan Ada pula yang mengatakan berasal dari kata cantrik yang berarti para pembantu begawan atau resi, seorang cantrik diberi upah berupa ilmu pengetahuan oleh begawan atau resi tersebut. "

Seperti itulah makna santri menurut wikipedia. Tetapi dalam sebuah wejangan dari Abah Miftah, Beliau mengatakan bahwa :
Abah Gus Miftah 

"Santri adalah orang yang tinggal dipondok pesantren maupun tidak yang mencintai dan mengikuti ajaran Ulama Ulama,Kyai Kyai, Aulia Aulia Allah dan Rosulullah dan puncaknya mencintai Allah SWT"
Santri adalah orang yang mengikuti ajaran Rosulullah dan mencintai Allah SWT. Sebuah makna yang berat, bercermin pada diri sendiri yang masih jauh dari itu. Untuk menumbuhkan kecintaan kepada Rosulullah dan puncaknya kepada Allah butuh perjuangan dan tirakat yang gigih, selain itu semuanya berkat hidayah dari Allah SWT. Tiada daya dan kekuatan selain dari ALLAH SWT. Semoga kita bisa benar benar menjadi santri yang diridhoi ALLAH. Amiin